Advertisement

Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia

Newswire
Kamis, 20 Januari 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Daftar 5 Desa Wisata Menawan nan Eksotis di Indonesia Wisatawan tracking menuju Air Terjun Kedung Kandang melewati hamparan terasering sawah. - Instagram @genpijogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Indonesia dikenal memiliki beragam destinasi wisata, salah satunya desa wisata. Ada banyak desa wisata di Indonesia yang memiliki pemandangan eksotis untuk dijelajahi. Bahkan, beberapa desa wisata tersebut kerap dijuluki desa terindah di Indonesia.

Memilih liburan di desa wisata menjadi pilihan tepat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, tentunya Anda ingin sesekali menghirup udara yang sejuk dan masih asri. Selain udaranya yang masih sejuk, pemandangan di desa wisata pun sangat indah dan Instagramable.

Advertisement

Mengutip akun Instagram @ayodolan pada Rabu (19/1/2022), berikut adalah 5 desa wisata terindah di Indonesia.

1. Desa Argosari, Lumajang

Desa Argosari merupakan pintu masuk sebelum mendaki ke puncak B29 dan B30, yakni tempat wisata terbaik untuk melihat Gunung Bromo, selain di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Lokasinya berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa ini juga dikenal sebagai negeri di atas awan.

2. Desa Sade, Lombok

Desa Sade merupakan salah satu desa tradisional suku Sasak di Kabupaten Lombok Tengah. Desa seluas 5.5 hektare ini memiliki konstruksi bangunan yang sangat sederhana. Lantainya terbuat dari tanah liat, dindingnya menggunakan pagar anyaman dari bambu, serta atap yang terbuat dari alang-alang kering.

Baca juga: Desa Wisata DIY Siapkan Kebangkitan Pariwisata

3. Desa Wae Rebo, Flores

Wae Rebo merupakan desa tradisional di Flores yang terletak 1.200 meter di atas permukaan laut. Hanya terdapat 7 rumah utama (Mbaru Niang). Wae Rebo sukses menerima penghargaan dari UNESCO sebagai Top Award of Excellence pada 2012. Sejauh mata memandang, akan menikmati hamparan pemandangan hijau yang memukau.

4. Desa Sumber Brantas, Batu

Kota Wisata Batu, Jawa Timur, memang terkenal akan hawanya yang sejuk dengan beragam objek wisata. Di sekitar objek wisata tersebut terdapat desa yang begitu indah dan asri. Desa Sumber Brantas punya panorama perkebunan cantik. Selain itu, terdapat pula lokasi sumber Sungai Berantas yang dihiasi taman bunga nan cantik.

5. Desa Penglipuran, Bali

Ini adalah desa yang sangat kental dengan kerukunan dan kebersamaan. Berada di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, desa ini telah dianugerahi penghargaan kalpataru. Secara keseluruhan, desain arsitektur bangunan di desa ini sama persis, dengan adanya gerbang khas Bali (angkul-angkul).

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "Mengenal 5 Desa Paling Indah di Indonesia, Pernah Berkunjung? "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : INews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement