Advertisement

Kok Ngeyel sih! Wisatawan Masih Nekat Foto di Dekat Tugu Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 22 April 2022 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kok Ngeyel sih! Wisatawan Masih Nekat Foto di Dekat Tugu Jogja Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Imbauan untuk tidak berfoto di dekat Tugu Jogja sepertinya masih dihiraukan. Buktinya, dari hari ke hari masih ditemukan wisatawan yang nekat foto di dekat salah satu ikon Jogja itu. Tidak jarang ada di antara mereka yang hampir tertabrak kendaraan. 

Video wisatawan yang berfoto di dekat Tugu Jogja terus saja bermunculan. Padahal daerah tersebut sudah diberi pagar melingkar agar mereka tidak mendekat dan cukup berfoto dari tepi jalan. 

Advertisement

Tugu Jogja atau Tugu Golog Gilig berada di tengah simpang empat yang padat kendaraan. Empat ruas jalan di sekelilingnya yakni Jalan Jenderal Sudirman di sebelah timur, Jalan Margo Utomo di selatan, Jalan Pangeran Diponegoro di sebelah barat dan Jalan AM Sangaji di sebelah utara merupakan jalan aktif yang ramai kendaraan dari pagi hingga malam hari. 

Dikhawatirkan wisatawan yang nekat berfoto di tempat itu bisa tertabrak kendaraan yang melintas jika mereka lengah karena terlalu asik berfoto. 

Video wisatawan berfoto di Tugu Jogja kembali muncul. Video yang bersumber dari @faajarkp tersebut diunggah oleh akun Instagram @areajogja. Di situ menunjukkan sekelompok orang berfoto di sebelah Tugu Jogja saat malam hari. 

Baca juga: Ada Spot Selfie Terbaru di Jogja, Lokasi Dekat Tugu

Kondisi jalan tampak ramai tetapi mereka tetap asik berfoto demi mendapatkan gambar yang bagus. 

"Buat yang ingin berfoto ria di Tugu Jogja jangan ditengah jalan biar tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara yang melintas," tulis akun tersebut dikutip Harianjogja.com, Jumat (22/4/2022). 

Aksi berfoto di tengah jalan seperti itu memang kerap ditemui di Tugu Jogja. Hal itu membuat gemas para pengemudi karena mengganggu kendaraan yang melintas. 

"Jangan jadi bagian dari kaum ngeyelan Gaes," lanjut akun tersebut. 

Banyak warganet yang menyayangkan aksi tersebut. Mereka menilai selama ini wisatawan kerap menghiraukan keselamatan diri demi mendapatkan foto terdekat bersama Tugu Jogja.

Berikut ini sederet komentar warganet:

"Astagfirullah....ckckck".

"Okeh wong ngeyel min [banyak orang ngeyel min]".

"Dulu pernah ada yang mau ketabrak juga kayaknya".

"Sering terjadi".

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi pernan mengatakan bahwa wisatawan harus hati-hati saat berfoto di Tugu Jogja. Insiden turis yang mengabaikan keselamatan saat berfoto sudah beberapa kali terjadi. Dia mengimbau masyarakat untuk memilih lokasi yang aman untuk berfoto.

"Jangan berfoto di tempat yang tidak aman, misalnya di tengah jalan yang memang peruntukannya untuk lalu lintas kendaraan, karena lokasi tersebut pasti rawan kecelakaan," katanya.

Banyak spot foto yang bisa dipilih wisatawan agar tetap mendapatkan latar belakang Tugu Jogja. Seperti di tepi jalan kawasan Tugu Jogja atau di taman Tugu Jogja mini yang ada di sisi tenggara. Bisa juga berfoto dari kafe-kafe yang ada di sekitar Tugu Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement