Advertisement

Unik! Ada Destinasi Wisata Kuliner Sajikan 85 Menu Khas Nusantara

Sunartono
Jum'at, 10 Februari 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Unik! Ada Destinasi Wisata Kuliner Sajikan 85 Menu Khas Nusantara Foto ilustrasi rempah-rempah. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kuliner menjadi salah satu andalan dalam mendukung pariwisata di DIY. Saat ini bermunculan resto dengan konsep dan inovasi yang menarik untuk menarik minat wisatawan yang datang ke DIY.

Salah satunya Lukisan Bumi yang berlokasi di Jalan Palagan, Sleman dengan konsep konsep menu Indonesia Otentik menggabungkan kekayaan rempah Indonesia dengan perkembangan kultur Indonesia masa kini. Berbeda dengan destinasi kuliner lainnya, resto ini berani berkomitmen untuk menjalankan misi melestarikan masakan nusantara. Sehingga bahan baku yang dipilih pun 97% merupakan pangan lokal setempat.

Advertisement

“Untuk menjaga komitmen ini pemanfaatan bahan baku yang lebih dari 97 persen menggunakan bahan baku lokal, dan itu diambil dari petani dan pemasok serta produsen lokal,” kata owner Lukisan Bumi Duke Yudhistira, Kamis (9/2/2023).

BACA JUGA : 10 Wisata Malam Menarik di Jogja, Yuk Samperin!

Lewat misi untuk melestarikan cita rasa asli Indonesia itu, mereka memainkan racikan rempah berpadu dengan gaya suguhan masa kini untuk memanjakan lidah wisatawan yang hadir. Dari 85 menu nusantara yang dihadirkan setidaknya ada beberapa yang paling banyak dicari wisatawan. Terdiri atas, Nasi Goreng Lidah, perpaduan banyak rempah Indonesia yang lezat dan gurih, dengan potongan lidah sapi yang lembut dan hint rasa kecombrang sebagai pelengkap rasa.

Goda Gado Tempe yang merupakan campuran sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang ditambah bumbu spesial saus dari bahan dasar tempe dengan racikan bawang, gula jawa, dan bumbu rempah lainnya. Kemudian Iga Gondrong, Iga bakar di dukung perpaduan rasa ketumbar, sereh, dan bumbu lainnya.

Lempeng Sjamsihono termasuk menu camilan dengan resep turun temurun keluarga dengan rasa yang manis dan lembut di lidah, dihidangkan dengan selai nanas dan strawberry homemade. Turmeric Latte, campuran kunyit yang diracik bersama susu menjadi latte, menghasilkan perpaduan rasa klasik bertemu dengan modern.

“Kami ada 85 menu khas nusantara. Dari sisi kenyamanan desain bangunan, interior yang tepat dengan suasana bersebelahan dengan sawah milik petani setempat, serta area taman outdoor belakang membuat mata menjadi lebih segar. Lebih 100 kursi, terbagi menjadi area semi-outdoor dan area outdoor,” katanya.

BACA JUGA : 15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja

Sebagai edukasi tentang rempah-rempah kepada pengunjung, destinasi ini juga memberikan nama khusus pada ruang dan area resto. Di antaranya Andaliman yang merupakan rempah khas yang banyak ditemukan di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, Indonesia. Konsep tempatnya pun Instagramable.

“Harapan kami dapat menamkan nilai dasar rempah Indonesia baik dari sisi internal kami maupun para pihak yang ikut terlibat dengan Lukisan Bumi. Kami terus bereksperimen menciptakan rasa lezat khas yang unik dengan memanfaatkan rempah-rempah,” ujar General Manager dari Lukisan Bumi Indonesia Stephanus Ariowibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement