Advertisement

Makanan Jakarta Ini Ada yang Jadi Menu Favorit Sarapan di Jogja lho, Apa Itu?

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 03 Maret 2023 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Makanan Jakarta Ini Ada yang Jadi Menu Favorit Sarapan di Jogja lho, Apa Itu? ilustrasi soto - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menu sarapan yang dijual di Jogja tidak hanya makanan khas Jogja. Banyak makanan khas dari luar kota yang justru laris di kota gudeg ini, seperti makanan Ibu Kota, Jakarta. 

Banyak kuliner khas kota Betawi yang menjadi menu favorit warga Jogja. Makanan yang ada biasanya dijual untuk sarapan. 

Advertisement

Berikut ini kuliner khas Betawi yang banyak dijual di Jogja:

1. Nasi uduk

Siapa sangka jika nasi uduk yang biasa menjadi menu sarapan warga Jogja merupakan makanan khas Jakarta. Di Jogja, makanan ini sudah banyak dikenal dan sering disandingkan dengan nasi biasa di warung-warung penyetan. 

Nasi uduk biasanya dihidangkan dengan tempe orek, telur balado, semur tahu, semur kentang, semur jengkol, bihun, ayam goreng, abon, gorengan dan tentunya sambal. Nasi yang dimasak dengan santan ini biasa disantap bersama kerupuk atau emping.

2. Gado-gado

Banyak pedagang gado-gado di Jogja yang membuka usahanya di pinggiran jalan alias kaki lima. Warung makannya selalu laris terutama saat jam istirahat tiba. 

Makanan ini banyak diburu karena selain menyehatkan karena banyak rebusan sayur di dalamnya, makanan ini juga mengenyangkan. Biasanya harga gado-gado di Jogja hanya kisaran Rp10.000. Salah satu bagian yang paling dirindukan dari gado-gado adalah sambal kacangnya.

3. Soto Betawi 

Jika soto di Jogja memiliki kuah yang bening, soto Betawi memiliki kuah yang keruh karena dimasak dengan susu atau santan. Isiannya pun berbeda. Soto Jogja diisi dengan suwiran daging ayam kampung, sementara Soto Betawi dengan daging jeroan seperti hati, babat, paru dan organ sapi lainnya. 

Soto Betawi paling cocok dipadukan dengan kerupuk atau emping. 

4. Kerak Telor

Saat ada sekaten di Alun-Alun Utara, kerak telor menjadi salah satu camilan yang mudah ditemui. Biasanya penjualnya menggunakan gerobak pikul. 

Makanan ini menjadi primadona karena selain renyah, rasanya juga gurih. Akan lebih nikmat lagi jika disantap saat masih panas. Kerak telor dibuat dengan bahan telur ayam atau telur bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, bawang goreng, bawang goreng, dan kelapa sangrai.

Nah itulah empat makanan khas Betawi yang banyak dijual di Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement