Advertisement

Unik, India Punya Museum Toilet, Jadi Tempat Edukasi tentang Sanitasi

Lajeng Padmaratri
Rabu, 01 November 2023 - 23:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, India Punya Museum Toilet, Jadi Tempat Edukasi tentang Sanitasi Museum Toilet Internasional Sulabh di India. - Expedia

Advertisement

Harianjogja.com, NEW DELHI—Segala sesuatu yang ada saat ini memiliki masa lalu, termasuk toilet. Jika ingin mencari tahu asal-usul penggunaan toilet, bisa mengunjungi Museum Toilet Internasional Sulabh di Delhi, India.

Museum ini memamerkan dudukan toilet yang digunakan sejak zaman kuno, zaman pertengahan, hingga era modern. Dikelola oleh LSM Sulabh International yang berbasis di India, museum ini didirikan untuk mempromosikan sanitasi di seluruh negara.

Advertisement

Pendiri museum aneh ini adalah Bindeshwar Pathak, yang kemudian dikenal sebagai “Manusia Toilet India”. Pria 80 tahun itu meninggal dunia pada Agustus 2023 lalu akibat serangan jantung. Kini, museum ini jadi salah satu peninggalannya yang fenomenal.

BACA JUGA: Unik, Polisi di India Masih Gunakan Merpati Pos untuk Kirim Pesan

Pria itu sejak awal aktif menentang buang air besar sembarangan. Aktivis dan pekerja sosial tersebut bahkan punya julukan ‘Sinterklas Sanitasi’’.

Dengan tujuan ingin memberi edukasi pentingnya sanitasi, Pathak mendirikan museum itu pada 1992 dan menampilkan artefak dari 50 negara yang dikelompokkan ke dalam tiga kelompok—kuno, abad pertengahan, dan modern. Kisaran kronologi benda-benda yang dipamerkan di museum ini adalah dari tahun 3000 SM hingga abad ke-20! Setiap pameran membawa informasi menarik tentang sejarah toilet.

Salah satu bagian dari tur urinoir yang menarik adalah tiruan toilet era abad pertengahan Inggris yang terlihat seperti harta karun. Toilet ini mungkin tampak aneh karena seseorang harus terkunci di dalam kotak kayu untuk menggunakan cawan. Ada juga toilet serupa yang digunakan oleh Raja Louis XIV, yang ia gunakan saat mengadakan sidang sehingga ia tidak perlu pamit untuk menjawab panggilan alam dan juga menghemat waktu.

Yang juga menarik untuk dilihat adalah toilet yang terbuat dari emas dan perak, mungkin digunakan oleh seseorang yang sangat senang duduk di atas pot emas. Selain itu, toilet dua lantai yang digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1920-an juga menjadi bagian dari Museum Toilet Sulabh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Indiatimes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Senin 29 April 2024

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mengatasi Anemia dengan Makanan, Ini Daftarnya

Lifestyle
| Minggu, 28 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement