Jalan-Jalan ke Malioboro, Jangan Lupa Mencicipi Kuliner Legendaris Lumpia Sami Jaya

Lumpia Sami Jaya Jogja. - Ist/Instagram
16 Agustus 2020 17:57 WIB JIBI Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Belum ke Jogja jika belum ke Malioboro. Titik ini menjadi incaran setiap orang saat berwisata ke Jogja. Di sana ada pusat perbelanjaan hingga pusat kuliner legendaris. Salah satu kuliner di kawasan Malioboro, yakni Lumpia Sami Jaya.

Lumpia merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Tionghoa. Panganan yang terbuat dari adonan tepung dan telor yang didadar ini biasanya berisi daging, rebung, telur, sayuran segar, atau udang yang digulung lalu digoreng.

Baca juga: Wangi Rempah, Ternyata Ini Asal Mula Nama Soto Sampah di Jl. Kranggan

Di Indonesia, lumpia ini dikenal sebagai jajanan khas Semarang. Tapi, jajanan ini juga begitu laris di kota Jogja, salah satunya street food yang ada di Malioboro bernama Lumpia Sami Jaya yang dapat menjual 3.000 potong per harinya.

Lumpia Sami Jaya ini menjadi kuliner legendaris di Jogja karena sudah hadir sejak tahun 1976. Lumpia Sami Jaya ini dapat ditemukan di Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Kecamatan Danurajen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedai tersebut menghadirkan lumpia dalam dua pilihan rasa yaitu ayam dan spesial telur puyuh. Yang perlu diingat adalah Lumpia Sami Jaya hanya menghadirkan lumpia goreng, tidak ada yang basah. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Baca juga: Dibangun Zaman Purbakala, Candi Ratu Boko di Prambanan Punya Teknologi Tahan Gempa

Di unggah di kanal Youtube Kubiler, Jumat (6/3/200), terlihat food vlogger Teguh Akbar mencoba jajanan tersebut. Lumpia di sini memiliki ukuran yang biasa, tidak terlalu besar ataupun kecil.

Sering kali lumpia goreng ini disajikan saat masih hangat karena baru saja digoreng jika ada pembeli. Lumpia ini Disajikan bersamaan dengan saus bawang putih, cabai rawit, dan tambahan acar.

Setibanya di lokasi, Teguh langsung mengantre dan memesan lumpia tersebut. Soal rasa lumpia ini sudah tidak diragukan lagi.

“Wow enak sekali, kulit lumpianya renyah dan isI di dalamnya terasa manis dan gurih. Aroma saus bawang putihnya tersa sekali dan rasanya dominan manis,” jelas Teguh.

Soal harga, lumpia ini terbilang murah. Satu lumpia ayam dibandrol dengan harga Rp.5000 dan lumpia spesial telur puyuh seharga Rp6.000.

Sumber : Solopos.com