Advertisement

Libur 3 Hari, 80.338 Wisatawan Masuk Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 05 Mei 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Libur 3 Hari, 80.338 Wisatawan Masuk Gunungkidul Pemandangan Pantai Kukup dari kejauhan yang terlihat dari bibir Pantai Mesra, Gunungkidul. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Dinas Pariwisata Gunungkidul optimistis target 154.403 pengunjung selama libur Lebaran bisa terlampaui. Keyakinan ini tak lepas dari jumlah kunjungan selama tiga hari libur yang mencapai 80.338 orang masuk wisata ke Bumi Handayani.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, pencatatan data kunjungan sudah dilakukan sejak Jumat (29/4/2022) atau pada saat hari pertama libur Lebaran. Meski demikian, ia tidak menampik selama puasa jumlah kunjungan ke destinasi wisata masih terpantau landai.

Lonjakan kunjungan baru mulai terlihat usai perayaan Hari Raya Idulitri, kawasan wisata, khususnya destinasi pantai mulai diserbu pengunjung. Hingga H+2 Lebaran atau Rabu (4/5/2022) tercatat pengunjung yang masuk mencapai 80.338 orang.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi wisata, belum bisa mengungkapkan karena harus menghitungnya terlebih dahulu,” kata Aldian, Kamis siang.

Dia optimsitis target kunjungan sebanyak 154.403 orang selama libur lebaran bisa terlampaui. Keyakinan ini tak lepas dari antusiasme tingkat kunjungan wisata yang tinggi untuk berwisata ke Gunungkidul. “Masih ada waktu empat hari dan mudah-mudahan terlampaui targetnya,” katanya.

Baca juga: Libur Lebaran, SAR Gunungkidul 24 Jam Berjaga di Pantai

Aldian menambahkan, untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung, dinas pariwisata sudah mengeluarkan edaran untuk pelaku usaha wisata. Selain meminta menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di toilet, juga ada imbauan untuk tidak mematok tarif seenaknya ke pengunjung yang ingin membeli makanan maupun souvenir.

“Kami minta untuk melampirkan daftar harga di barang atau makanan yang dijual,” katanya.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti mengatakan, siap membantu pemkab dalam upaya memperlancar arus lalu lintas di kawasan wisata. Menurut dia, upaya rekayasa sudah dipersiapkan khususnya di jalur menuju wisata pantai. “Tidak hanya untuk masuk, tapi rekaysa juga saat kepulangan sehingga tidak menyebabkan kemacetan,” katanya.

Advertisement

Dia mencontohkan, untuk jalur kepulangan sudah menyiapkan rekayasa untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di jalur utama Jogja-Wonosari. Bagi pengendara kendaraan pribadi saat menuju Kota Jogja akan diarahkan melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) menuju imogiri. Selain itu, juga ada imbauan melalui jalur alternative penghubung Gunungkidul-Sleman. “Jalur utama lebih diperuntukan kendaraan besar. sedangkan mobil pribadi bisa lewat jalur alterative yang disediakan,” katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dugaan Penyekapan dan Intimidasi Wali Murid SMAN 1 Wates Kini Diusut Polisi

Sleman
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Lifestyle
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement