Advertisement

Wisata Bukit Dermo di Bantul Dibangun Tahun Ini

Jumali
Senin, 29 Januari 2024 - 21:17 WIB
Maya Herawati
Wisata Bukit Dermo di Bantul Dibangun Tahun Ini Calon lokasi Wisata Bukit Dermo di wilayah Kelurahan Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul. Antara / Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Warga Nawungan, Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul mengaku sampai saat ini masih menunggu realisasi dari Pemkab Bantul terkait pengembangan Bukit Dermo menjadi kawasan agrowisata. Sementara Pemkab mengklaim pembangunan akan dimulai Mei.

Sejauh ini sosialisasi telah dilakukan untuk pengembangan Bukit Dermo yang menggabungkan empat fungsi yaitu produksi, edukasi, wisata, dan konservasi agro.

Advertisement

“Kalau sosialisasi sudah sering. Bahkan setiap tahun. Sejak beberapa tahun lalu. Sudah ada sosialisasi terkait rencana tersebut. Hanya saja, kapan mulai pembangunan, sampai kini kami belum dapat kejelasan kapan dimulai,” kata Dukuh Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Jurianto, Senin (29/1/2024).

Oleh karena itu, Jurianto berharap agar rencana pengembangan itu segera direalisasikan, karena yang akan menikmati dan diberdayakan dengan adanya pengembangan Bukit Dermo adalah warga sekitar.

BACA JUGA: Bakal Ada Tiga Titik Shuttle Bus di Gunungkidul, Ini Lokasinya

“Kami mendukung langkah dari Pemkab jika dikembangkan menjadi agrowisata. Karena belum ada aktivitas pembangunan, ya sekarang petani beraktivitas seperti biasa,” ucap Jurianto.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, rencana pembangunan Bukit Dermo saat ini baru tahap reviu detail engineering design (DED) yang kini dalam tahap kontrak karena penyesuaian terhadap anggaran. Adapun kontrak kerja selama satu bulan.

Mei Dimulai

“Nantinya DED-nya juga harus diselaraskan dengan indikator di Dinas PU, baru dilakukan lelang. Sekarang Dispar baru memulai untuk penyusunan DED untuk yang dilelangkan. Untuk target mulai dibangun, Mei mendatang,” kata Kwintarto.

Kepala Bappeda Bantul Fenty Yusdayati mengungkapkan pengembangan kawasan wisata Bukit Dermo akan mendukung sektor pariwisata kawasan selatan. Diakuinya pengembangan kawasan wisata Bukit Dermo sejatinya sudah direncanakan sejak 2023, namun karena kendala lelang yang mundur hingga batas akhir tidak bisa dieksekusi.

“Selain itu, untuk pengembangannya memang harus pentahelix, semua dilibatkan. Ada unsur perguruan tinggi dan swasta juga. Semua rencana itu mengisi dan melengkapi,” katanya.

Sebagaimana diketahui, dalam rencana pembangunannya, Bukit Dermo Bantul akan dibangun sejumlah fasilitas fisik pendukung pariwisata. Mulai dari sky bridge, viewing deck, amfiteater, outdoor gym dan foodcourt. Termasuk los produk lokal Bantul bakal dibangun di Dermo. Sejumlah fasilitas yang ada bakal mendukung berbagi kegiatan kebudayaan, olahraga, jeep touring hingga pelestarian kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement