Cantik dan Tersembunyi, Seperti Ini Pesona Pantai Ngeden Gunungkidul yang Dikunjungi Zaskia Adya Mecca

Sejumlah wisatawan sedang menikmati keindahan alam di Pantai Ngeden, Desa Kanigoro, Saptosari. - Harian Jogja/David Kurniawan
23 Juni 2020 12:27 WIB David Kurniawan Wisata Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Sebuah pantai di Gunungkidul belakangan menjadi bahan pertanyaan warganet setelah dikunjungi oleh artis Zaskia Adya Mecca dan keluarganya. Meski Zaskia tidak menyebutkan secara jelas nama pantai tersebut, dipastikan ia berkunjung ke Pantai Ngedan di Saptosari Gunungkidul.

Beberapa hari terakhir, istri produser film, Hanung Bramantyo ini mengunggah sejumlah foto saat dirinya bersama keluarganya berkunjung ke sebuah pantai di Gunungkidul. Tak hanya membawa empat anaknya, mereka juga mengajak keluarga besar mereka yang ada di Jogja.

Dalam unggahannya yang berupa foto maupun video di akun instagram @zaskiaadyamecca, artis sinetron Para Pencari Tuhan ini menceritakan pantai yang dikunjunginya harus melalui jalan setapak yang cukup jauh dan curam. Di kanan kirinya terdapat semak belukar.

Baca juga: Seperti Pantai Pribadi, Warganet Bertanya-tanya Nama Pantai di Gunungkidul yang Dikunjungi Zaskia Adya Mecca Ini

Ia yang sedang mengandung pun harus melalui perjuangan untuk sampai ke lokasi tersebut. Namun, ketika tiba di pantai, perjuangannya terbayarkan. Zaskia bahkan sampai berteriak memuji keindahan pemandangan di lokasi tersebut. "Wow seru banget yakin," katanya.

Seperti khas pantai di Gunungkidul pasirnya berwarna putih. Pantai tersebut tidak terlalu luas. Bahkan lokasinya seperti tersembunyi sebab di sisi kanan dan kirinya terdapat tebing curam. Belakangan, diketahui bahwa pantai ini adalah Pantai Ngeden.

Pantai Ngedan terletak di Desa Kanigoro, Saptosari. Lokasi ini masih tersembunyi dan alami, airnya jernih dan vegetasi di sekitar pantai tumbuh subur.

Baca juga: Zaskia Adya Mecca Beri Klarifikasi Soal Main ke Pantai Gunungkidul Saat Wajib Social Distancing

Asal usul pantai juga cukup aneh. Sebelum dikenal dengan sebutan Ngeden, pantai ini oleh warga sekitar disebut Ngedan yang berarti menggila. Meski sebutan ini membuat pengunjung bertanya-tanya, namun hal itu bukan menjadi masalah karena pesona di pantai tetaplah indah untuk dinikmati.

“Pantainya masih alami sehingga kondisi di pantai masih sangat asri,” kata Sukardi, salah seorang warga di sekitar Pantai Ngeden, ditemui Hatianjogja.com belum lama ini.

Menurut dia, di kawasan pantai ini terdapat dua lokasi yang dijadikan tujuan pengunjung. Untuk yang tidak suka bermain air, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari atas tebing. Saat berkunjung, wisatawan tidak perlu khawatir karena di puncak tebing sudah diberikan pengamanan sehingga kondisinya tidak berbahaya.

Di lokasi inilah merupakan tempat paling pas untuk melihat matahari tenggelam (sunset). Untuk pencapai ke puncak, juga sudah dibuatkan jalur sepanjang 400 meter sehingga memudahkan untuk mencapai titik yang diinginkan.

Baca juga: Jadi Trending Topik, Begini Status Lucu Warganet Soal Gempa Dini Hari

“Kalau cuacanya cerah maka fenomena matahari tenggelam akan terlihat dengan jelas. Lokasi ini juga menjadi titik menyenangkan bagi warga yang hobi mancing,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Sukardi, bagi pengunjung yang suka bermain air, di kawasan ini juga terdapat pantai dengan gugusan pasir putih. Memang lokasi pantai tidak begitu luas karena hanya memiliki panjang 100-150 meter. Namun hal tersebut bukan halangan karena pemandangannya sangat cantik.

Saat berkunjung, wisatawan tidak hanya bisa mendegarkan deburan ombak khas Pantai Selatan, tapi juga dapat melibat berbagai biota laut seperti ikan-ikan hingga rumput laut yang berada di sela-sela karang. “Di lokasi ini juga sering dijadikan tempat untuk berkemah bagi pengunjung,” ungkapnya.

Untuk mencapai Pantai Ngeden tidaklah sulit karena aksesnya sudah bagus, meski masih ada beberapa titik yang butuh perbaikan. Jarak pantai ini dengan Kota Wonosari sekitar 28 kilometer, atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di sana.