Advertisement

Menikmati Sensasi Lele Betutu Khas Bantul

Ujang Hasanudin
Jum'at, 15 April 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Menikmati Sensasi Lele Betutu Khas Bantul Pelanggan sedang menikmati satu porsi lele betutu di Wrg Pakdhe Jogja, di Dusun Paten, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Bantul, Rabu (13/4/2022)-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Masakan betutu adalah masakan khas Bali yang sudah ada di mana-mana. Masakan ini biasanya identik dengan bahan dasar ayam atau bebek. Namun di WRG Pakdhe Jogja yang berlokasi di Jalan Paten, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Bantul ini membuat masakan betutu dengan bahan dasar lele.

Tidak jauh berbeda dengan ayam betutu, pertama kali lele dibersihkan, dibumbui kemudian digoreng. Setelah digoreng lele tersebut kemudian dimasukkan ke dalam bumbu yang kaya akan rempah yang sudah disiapkan. Jadilah lele betutu yang disajikan dengan nasi panas, lalapan, sayur daun singkong, dan sambal matah.

Advertisement

Fefbry Darsono, 30, pemilik Wrg Pakdhe Jogja, mengatakan awalnya membuka warung makan dengan menu spesial ayam betutu pada 2016 lalu di sekitar Giwangan, Jogja. Setahun kemudian ia berkreasi dengan membuat lele betutu. Tidak disangka kreasi menu lele betutu banyak peminatnya.

BACA JUGA: Sederet Fakta soal Angkringan Jogja, Nomor 8 Bikin Kangen

Namun karena kondisi pandemi Covid-19 pada 2020, lalu ia memindahkan warungnya ke Dusun paten, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis. Menu spesial yang ditawarkan tetap sama yakni ayam betutu dan lele betutu. “Menu spesialnya itu ayam betutu tapi saya berinovasi membuat lele betutu. Kenapa? Karena di samping murah dan banyak orang yang suka,” kata Fefbry, saat ditemui Rabu (13/4), sore lalu.

Setelah pindah ke Bantul, kata dia, pelanggan tetap banyak karena harganya juga cukup murah dan unik. Untuk satu porsi lele betutu Rp17.000, sementara satu porsi ayam betutu Rp22.000, “Rata-rata pelanggan lele betutu bilang enak dan unik,” katanya. Menu tersebut cocok untuk buka puasa karena tekssturnya yang lembut.

Namun pembelian dalam jumlah besar harus memesan terlebih dahulu minimal dua hai sebelumnya. Sebab cara membuat bumbu betutu cukup lama, “Waktu membuat bumbu betutu butuh enam jam maka tidak heran rasa bumbunya benar-benar matang dan gurih,” ujar Fefbry.

Salah satu peiminat lele betutu, Maria Chrisrini, 26, mengaku sangat suka menu tersebut. Sebelumnya ia pertama kali datang ke Wrg Pakdhe Jogja memesan ayam betutu, namun ketika ada menu lele betutu ia penasaran. Karena menu lele biasanya dibakar, digoreng, dan dibuat mangut. Setelah mencoba jadi ketagihan, “Rasanya enak, gurih dan lembut,” katanya.

Selain menyediakan lele betutu dan ayam betutu, Wrg Pakdhe Jogja juga menyediakan menu lainnya seperti lele goreng, lele bakar, lele bakar rempah, mi ayam geprek, ayam geprek, lele geprek, cakalang goreng dan bakar, serta cakalang bakar rempah. Sajian minuman juga lengkap sehingga bisa menjadi alternatif tujuan berbuka puasa.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja, Selalu Pakai Utara Selatan

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement