Dinner Elegan di Royal Ambarrukmo Kolaborasikan Chef Indonesia dan Italia

Manajemen Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta beserta perwakilan Chaine des Rotisseurs. - Ist
08 Agustus 2018 07:50 WIB Bhekti Suryani Wisata Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA- Hotel bintang lima Royal Ambarrukmo Yogyakarta mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah bagi makan malam bertajuk A Royal Dinner by La Chaine Des Rotisseurs dengan mengkolaborasikan kuliner kelas dunia dari Executive Chef Royal Ambarrukmo, John F. Tarigan dan Chef Italia, Nicolas Lazzaroni. Kegiatan yang digelar Sabtu, 28 Juli 2018 itu bertempat di Kedhaton Ambarrukmo.

Chaine des Rotisseurs adalah organisasi internasional pencinta gastronomi, yang lahir di Prancis pada 1248. Organisasi yang kini telah memiliki 25.000 anggota di seluruh dunia (mencakup 80 negara), bersinergi untuk memberikan nilai lebih pada dunia kuliner.

Terutama fine dining serta seni menikmati masing-masing karakter masakan dari berbagai belahan dunia yang tersaji apik di atas piring saji.

Anggotanya meliputi para executive chef, ahli wine atau sommelier, pemilik restoran, profesional dunia hotel, banker hingga penggemar gastronomi.

Pada kesempatan kali ini, Royal Ambarrukmo Yogyakarta mendapat kehormatan menjadi tuan rumah bagi gelaran apresiasi fine dining bernilai seni tinggi ini. Dengan sajian tujuh sesi makan malam beserta pasangan minuman anggur klasik, Chef John dan Chef Nicolas menghadirkan pengalaman tiada tanding dan memanjakan lidah kurang lebih 40-an anggota Chaine des Rotisseurs serta undangan yang menjadikan malam di Kedhaton Ambarrukmo semakin berkesan.

Mengambil tema Janggring Saloka, makan malam bernuansa dekorasi khas Jogja itu diawali dengan sajian Canape (Smoked Salmon Tartare, Kingfish and Lemongrass Satay, Potato au Gratin with Zucchini Fondue) dan anggur istimewa Domain Chandon Brut dari Australia. Acara ini turut diiringi gending Jawa beserta sebelas penari Krida Beksa Wirama.

Ada pula demo pengrajin Jogja yang diwakili oleh Wayang Kulit Imogiri (Keris Brojobuwono),Batik Tulis Sekarjagad (Topeng Batik Kayu Krebet), juga penampilan khusus dari tari tokoh pewayangan Kamajaya dan Kamaratih.

Rangkaian gelaran elegan ini kemudian berlanjut dengan mengunjungi Museum Ambarrukmo dan sesi makan malam tujuh sajian mulai dari hidangan pembuka Carpaccio of Jumbo Octopus, sop Gulai-spiced Lobster Bisque, hidangan utama pertama Rolled Turkey Smoked Beef Ragout with Kluwek, palate cleanser Belimbing Wuluh & Kecombrang Sorbet. Sedangkan hidangan utama kedua yakni Grade 9+ Tajima Rib Eye Beef with Rendang Reduction, pencuci mulut Fermented Cassava Cake with Sweet Taro & Jelly dan juga kudapan ringan penutup Petit Four yaitu salah satunya Klepon with Chocolate Truffle.

Keseluruh hadirin yang berbusana jas resmi untuk pria dan gaun malam atau kebaya untuk wanita dari Singapura, Vietnam, Jakarta, Bali serta beberapa ekspat dari belahan kota lain, pada penghujung acara tak lupa memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim kuliner Royal Ambarrukmo, tim penyaji dan tentunya Chef John yang telah menjadikan acara ini luar biasa.

Sebuah momen simbolis dilakukan dengan pemberian sertifikat kepada Ian Cameron selaku General Manager, Executive Chef John F. Tarigan, Rausyan Fikri sebagai Food & Beverage Manager dan juga Maya Dewi selaku Director of Sales & Marketing dari hotel independen bintang lima ini.

“Kami turut mengemban tanggung jawab memperkenalkan Jogja pada dunia internasional, tak hanya berbatas pada khasanah budayanya yang teramat luar biasa, namun juga melalui kuliner otentik yang kami padukan secara apik dalam kemasan fine dining," ungkap Ian Cameron, General Manager dari Royal Ambarrukmo Yogyakarta melalui rilis, Selasa (7/8/2018).

"Rencananya, kami akan berkolaborasi kembali di Juli tahun 2019 bersama Chaine des Rotisseurs, menghadirkan sejarah yang pernah terukir di 2011 lalu, dengan sebuah Grand Chapitre Dinner mengambil lokasi di beberapa ikon terbaik Jogja dan Jawa Tengah, termasuk di Pagelaran Kraton Jogja dan Candi Borobudur,”. (*)

Adplus Tokopedia