Advertisement

Ada Erupsi, Ini 5 Tips Aman Berwisata di Gunung Merapi

Newswire
Kamis, 13 Februari 2020 - 14:57 WIB
Nina Atmasari
Ada Erupsi, Ini 5 Tips Aman Berwisata di Gunung Merapi Wisata jeep di sekitar Gunung Merapi sudah mulai beroperasi, di Kali Kuning, Desa Umbulharjo, Cangkringan pada (12/5/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Gunung Merapi erupsi lagi pagi ini. Padahal, di lereng Gunung ini ada banyak lokasi wisata, seperti bunker, wisata jip, wisata alam Kaliurang dan lainnya.

Bagi Anda yang sudah merencanakan wisata ke lereng Merapi, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menyebut letusan pagi ini merupakan erupsi kecil dan merupakan karakter khas Gunung Merapi.

"Tadi pagi terjadi erupsi di gunung merapi pukul 05.16 WIB. Tinggi kolom 2.000 meter itu adalah erupsi gas selama 150 detik," ujar Hanik.

Tapi untuk jaga-jaga, traveler sebaiknya menyimak beberapa tips berikut. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (13/2/2020), ini 5 tips penting saat Gunung Merapi erupsi:

1. Jangan Panik

Tips yang pertama adalah, traveler jangan panik. Hal itu sesuai dengan arahan Kepala BPPTKG, Hanik Humaida yang meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir.

"Jadi tidak perlu dikhawatirkan karena dari data-data yang ada itu tidak ada kenaikan yang signifikan jadi masyarakat tidak usah panik. Ini adalah karakter Merapi yang sekarang ini," kata Hanik.

2. Pantau Terus Informasi

Tips kedua, selalu pantau terus informasi terkini dari sumber-sumber yang terpercaya, seperti BPPPTKG atau dari Balai Taman Nasional (BTN) Gunung Merapi.

Jangan mudah termakan hoax. Jangan mencerna informasi mentah-mentah dan selalu kroscek dengan sumber yang terpercaya dan valid.

3. Jaga jarak aman

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitternya meminta kepada masyarakat untuk menjaga jarak aman dengan Gunung Merapi.

Masyarakat masih bisa beraktivitas aman di luar rumah dengan radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. Status Gunung Merapi saat ini ditetapkan Waspada (Level 2).

4. Siapkan Masker

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga menyarankan kepada traveler untuk mengenakan masker untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Memakai masker tentu jadi tindakan preventif pertama yang bisa traveler lakukan untuk mencegah terhirupnya abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi.

5. Selalu waspada

Terakhir, traveler mesti selalu waspada. Karena meski terpantau hanya erupsi gas kecil, tapi Gunung Merapi adalah gunung yang aktif dan bisa saja erupsi lagi tanpa bisa diprediksi.

Stay safe ya traveler!

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masuk Awal Kemarau, BPBD DIY Pastikan DIY Tidak Perpanjang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Haus Jadi Tanda Dehidrasi, Jangan Disepelekan

Lifestyle
| Rabu, 08 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement