Advertisement

Melancong pada Musim Libur, Agar Tak Sumpek Simak Triknya

Newswire
Minggu, 24 Juni 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Melancong pada Musim Libur, Agar Tak Sumpek Simak Triknya   Ilustrasi traveling - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah libur Lebaran tahun ini, musim liburan sekolah masih panjang. Anda ingin melancong? Tak ada salahnya, sama seperti banyak orang yang sedang libur. Tapi jangan kaget, jika di tempat wisata, situasinya sangat ramai.

Untungnya ada beberapa tips dari para pelancong terkemuka yang bisa diterapkan untuk membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan, seperti dilansir dari Travel and Leisure.

Advertisement

1. Cek ulang jam buka tempat wisata

Anda harus mengecek apakah tempat wisata yang banyak dikunjungi selama liburan memang dibuka atau ada waktu operasi khusus yang diberlakukan selama musim liburan, kata penulis perjalanan Rick Steves. Dia juga menyarankan pelancong untuk membuat pemesanan sebelumnya bila memang tersedia.

2. Jadilah pelancong yang bertolak belakang

Coba kunjungi tempat-tempat yang jarang didatangi orang, demikian saran dari travel blogger Matthew Kepnes. Tiket ke tempat-tempat seperti itu juga cenderung lebih murah.

3. Bersikap ramah pada staf bandara dan maskapai

Anda memang sedang bersantai pada hari libur, tapi orang-orang yang memastikan Anda tiba di tujuan masih bekerja, kata travel blogger Kate McCulley. Memperlakukan mereka dengan hormat bisa meningkatkan kesempatan Anda merasakan perjalanan yang menyenangkan.

4. Bawa baju cadangan di tas kabin

Musim liburan identik dengan bandara yang penuh sesak, artinya ada lebih banyak tas yang harus diperiksa petugas dan lebih besar kemungkinan terjadi kesalahan manusia, kata Andrew Zimmern, pembawa acara acara perjalanan "Bizarre Foods". Dia menyarankan Anda untuk berjaga-jaga mempersiapkan yang terburuk.

5. Persiapkan diri bila rencana tak berjalan sempurna

Anda bisa mengikuti semua tips di atas dalam mempersiapkan liburan. Tapi satu hal yang paling penting, kata Richard Quest pembawa acara CNN Business Traveller, adalah menerima fakta bila rencana Anda tidak berjalan sempurna meski persiapannya sudah sangat matang.

Usahakan Jangan Musim Libur Ya

Melancong bisa dilakukan di luar musim liburan, apalagi bila Anda hanya punya dana terbatas. Menurut jurnalis travel Peter Greenberg, ada pekan di industri perjalanan yang dikenal sebagai "pekan mati".

"Itu adalah pekan setelah Tahun Baru."

Misalnya, bila ingin merayakan tahun baru yang murah meriah, mulailah melancong pada tanggal 3 Januari karena orang-orang biasanya sudah selesai berlibur pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement