Advertisement

Yuk Piknik ke Gua Buatan era Majapahit di Tuban

newswire
Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:35 WIB
Maya Herawati
Yuk Piknik ke Gua Buatan era Majapahit di Tuban   Gua Suci Tuban - ist/teluklove

Advertisement

Harianjogja.com, TUBAN—Gua Suci di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur terkenal dengan kehindahan cahaya Matahari yang menerobos masuk dan menyinari dinding gua. Gua ini bukan gua alami tetapi buatan pada masa Kerajaan Majapahit.

Di salah satu dinding gua terdapat pahatan yang menggunakan angka Jawa kuno untuk memberi informasi tahun pembuatan gua yaitu 1026.

Advertisement

Hal menarik dari Gua Suci adalah dinding gua yang berwarna cokelat pastel dan terdapat pahatan-pahatan kuno. Gua memiliki kedalaman sekitar 14 meter dan bentuk atapnya kerucut dengan lubang di bagian tengahnya.

Dari lubang itulah pancaran sinar matahari masuk sehingga cahayanya kerap disebut cahaya dari surga atau Ray of Light. Banyak wisatawan yang memanfaatkan cahaya yang terpancar itu sebagai spot berfoto. Maka dari itu, wisatawan disarankan untuk datang di siang hari saat cuaca cerah agar mendapatkan hasil foto yang bagus.

Tak hanya itu, di dalam gua terdapat stalaktit yang indah dan membuat suasananya terasa sejuk. Bagian dalam gua juga sering dimanfaatkan sebagai spot foto karena latar belakangnya yang kekinian. Ada pula wisatawan yang senang berfoto di sekitar bagian luar gua karena pemandangannya tak kalah indah. Sedikit tips, wisatawan disarankan utnuk membawa lotion anti nyamuk dan lengan panjang agar tidak mengganggu pose berfoto. Selain itu, hati-hati saat menuruni tangga untuk menuju gua karena kondisinya sedikit rapuh.

Untuk menuju gua, aksesnya cukup mudah. Wisatawan tinggal melewati Jalan Raya Tuban-Gresik dan mengikuti penunjuk arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement