Advertisement

Liburan ke Pasar Tradisional untuk Wisata Belanja, Ini Rekomendasi Tempatnya

Newswire
Selasa, 18 Desember 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Liburan ke Pasar Tradisional untuk Wisata Belanja, Ini Rekomendasi Tempatnya Petugas UPT Pasar Beringharjo memasang running text di atas Gerbang Pasar Beringharjo, Rabu (11/4/2018). - Harian Jogja/ Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belanja oleh-oleh baju atau pernak-pernik lokal ke pasar tradisional menjadi pengalaman tersendiri bagi anda penyuka belanja. Berikut lima pasar tradisional yang menjadi destinasi wisata belanja yang bisa Anda jadikan rekomendasi:

Pasar Beringharjo, Jogja

Advertisement

Kawasan Malioboro selalu menjadi tempat favorit wisatawan yang datang ke Yogyakarta untuk membeli oleh-oleh karena harga barangnya murah. Akan tetapi, tak jauh dari kawasan belanja tersebut ada pasar yang menjual barang dengan harga jauh lebih murah yaitu Pasar Beringharjo. Pasar tradisional ini sudah berdiri sejak 1758 dan menjual berbagai macam barang. Mulai dari kain, baju batik, jajanan pasar, bahan makanan, jamu-jamuan, hingga perangkat elektronik.

Pasar Klewer, Solo

Berkunjung ke Solo rasanya belum lengkap bila tidak membeli batik khas kota tersebut. Wisatawan yang hendak membeli batik dengan harga tidak begitu mahal bisa mengunjungi Pasar Klewer. Pasar yang terletak di Jalan DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Pasar Kliwon itu memang terkenal sebagai pusat tekstil. Di sana dijual berbagai macam busana bermotif batik. Mulai dari kemeja, mukena, baju anak dan dewasa, sprei, serta bahan kain.

Pasar Punclut, Bandung

Selama ini Bandung dikenal dengan factory outlet yang menjual aneka produk fashion kekinian. Tapi, di sana ada beberapa pasar tradisional yang kerap dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Pasar Punclut yang berlokasi di daerah dataran tinggi Ciumbeluit. Selain lokasinya yang cukup unik, pasar ini juga hanya muncul di waktu-waktu tertentu sehingga disebut pasar kaget. Pasar yang tetap memiliki suasana tenang meskipun ramai pengunjung itu hanya muncul saat akhir pekan. Adapun barang yang dijual di pasar ini antara lain kuliner khas Sunda, sayuran, buah-buah, hingga perlengkapan sehari-hari.

Pasar Sukawati, Bali

Ingin mendapatkan tas rotan kekinian atau cinderamata khas Pulau Dewata? Jangan lupa mampir ke Pasar Sukawati. Sudah sejak lama pasar yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali itu terkenal dengan berbagai macam oleh-oleh yang dijual dengan harga murah. Di sana terdapat kerajinan tradisional, lukisan, dan busana dengan motif khas Bali.

Pasar Balige, Sumatra Utara

Saat berkunjung ke Sumatra Utara wisatawan mungkin akan dibuat kagum dengan keindahan Danau Toba. Di sekitar kawasan danau tersebut ternyata ada pasar yang menjadi favorit juga yaitu Pasar Balige yang terletak di pusat kota. Suasana pasar terbilang cukup unik karena bangunannya bergaya tradisional suku Batak. Pasar yang juga dikenal dengan nama Pasar Onan itu menjual berbagai jenis oleh-oleh khas suku Batak, kebutuhan sehari-hari, dan perangkat elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Bahan Kimia pada Makanan Laut Patut Diwaspadai

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement