Liburan Keluarga Tak Harus Ribet, Siapkan Ini

Ilustrasi traveling - Reuters
10 Februari 2019 08:35 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Liburan bersama seluruh anggota keluarga tak harus ribet. Tetap bisa menyenangkan dengan persiapan yang baik dan matang.

Berikut ini tips liburan bersama keluarga agar ketika harinya tiba, Anda tetap bisa bersenang-senang dan bukan berubah menjadi “perang”.

Tentukan Tempat yang Tepat

Liburan ke luar kota mungkin lebih menyenangkan jika dibandingkan liburan di dalam kota. Akan tetapi, memilih lokasi liburan yang terlalu jauh dapat membuat anak-anak capek dan bosan selama dalam perjalanan. Alangkah lebih baik jika lokasi liburan yang dipilih tidak jauh dari lokasi tempat tinggal.

Selain dapat menghemat waktu di perjalanan, kita sudah tahu kondisi lokasi liburan. Hal-hal yang kurang mengenakkan semisal macet dapat diminimalkan sehingga liburan bersama keluarga lebih menyenangkan.

Jangan Banyak-Banyak Bawa Barang

Barang bawaan memang sangat krusial saat liburan telah tiba. Membawa barang yang terlalu banyak tentu akan merepotkan diri sendiri. Kondisi ini sangat wajar karena kita perlu meningkatkan tingkat kewaspadaan lebih agar barang bawaan kita tidak sampai hilang.

Supaya lebih mudah, sortir barang yang akan dibawa satu hari sebelum hari keberangkatan tiba. Pilih mana barang yang benar-benar penting dan mana yang tidak. Susun semua barang ke dalam satu tas travel supaya lebih mudah dijinjing ke mana-mana.

Jangan Lupa Bawa Obat

Siapa pun bisa saja sakit saat sedang liburan, terutama anak-anak. Kondisi tubuh yang belum kuat membuat si anak mudah terserang penyakit saat cuaca di sekitar kurang bersahabat. Sebelum berangkat liburan, persiapkan segala jenis obat-obatan yang biasa dikonsumsi oleh anggota keluarga saat terserang penyakit.

Obat-obatan seperti obat sakit kepala, obat batuk, demam, dan pilek menjadi obat-obatan yang tidak boleh ketinggalan dalam kotak P3K karena memang penyakit ini yang paling sering terjadi saat perjalanan liburan tiba.

Bawa Mainan

Anak yang tiba-tiba rewel atau menangis saat dalam perjalanan sering membuat kita geram sendiri, apalagi saat anak tidak mau disuruh diam. Kondisi ini biasanya disebabkan karena anak bosan dalam perjalanan.

Untuk menghilangkan tingkat kebosanan, bawalah jenis mainan yang disukai anak ke lokasi liburan. Ketika merasa bosan, anak pun dapat menghibur dirinya sendiri dengan mainan-mainan tersebut. Dengan begitu, mood-nya tetap terjaga selama liburan berlangsung.

Bawa Bekal Makanan

Lokasi pemberhentian nyaris tidak akan ditemukan saat menempuh perjalanan lewat jalan tol. Kondisi ini sedikit memprihatinkan saat salah satu anggota keluarga tiba-tiba lapar di tengah perjalanan. Penting bagi kita untuk selalu membawa bekal makanan atau aneka jajanan saat sedang liburan.

Saat sedang lapar, kita setidaknya punya persediaan untuk mengganjal rasa lapar. Lagi pula makanan yang dipersiapkan dari rumah jauh lebih sehat dan higienis. Dengan begitu, tidak menimbulkan efek samping bagi anggota keluarga yang sedang asyik menikmati liburan.

Pakai Kendaraan Sendiri

Mobil menjadi kendaraan pribadi yang paling cocok digunakan untuk menemani kita selama liburan. Selain lebih nyaman, liburan juga lebih fleksibel saat hendak berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Kita juga tidak perlu takut kehabisan tempat ketika membawa banyak barang karena semua space yang ada di mobil ditujukan untuk kita seluruhnya.

 Jika tidak memiliki mobil pribadi, kita bisa menggunakan jasa rental mobil untuk menunjang transportasi selama liburan. Fasilitas seperti supir pribadi juga sudah disediakan jika kita atau anggota keluarga yang lain malas menyetir.

Sumber : Suara.com