Pengelola Biro Perjalanan dari Berbagai Kota Jajal Wisata Sepeda di Jogja

Sebanyak 100 orang manajer hingga owner biro perjalanan dari berbagai kota di Indonesia mengikuti fun bike dengan tajuk Bersepeda Asyik Mengelilingi setiap Sudut Kota Jogja, Kamis (25/3/2021) pagi. - Ist.
26 Maret 2021 07:27 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 100 orang manajer hingga owner biro perjalanan dari berbagai kota di Indonesia mengikuti fun bike dengan tajuk Bersepeda Asyik Mengelilingi setiap Sudut Kota Jogja, Kamis (25/3/2021) pagi. Mereka berkeliling menggunakan sepeda Jogja Bike dengan finish di Taman Pintar sebagai rangkaian event Jogja Vaganza.

Komisaris Utama Jogja Bike, Triyanto para peserta fun bike menggunakan fasilitas sepeda dari Jogja Bike, karena sejak awal berkomitmen untuk meningkatkan potensi wisata bersepeda di perkampungan. Ia memiliki sejumlah paket wisata sepeda yang singgah di perkampungan di Kota Jogja untuk melengkapi rute yang dimiliki pemerintah. Rute tersebut kemudian disuguhkan kepada para owner maupun pimpinan biro perjalanan wisata dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA : Tren Sepeda Wisata Mulai Menurun 

“Paket wisata ini ada dua kelompok, disediakan oleh Pemkot Jogja, kemudian ada paket wisata dari Jogja Bike yang mengunjungi kampung sekitar Kraton ini untuk melengkapi karena perkampungan area kraton belum semua dikunjungi. Tetapi sambil ditambah titik kunjungan di tempat wisata terkenal seperti Kraton, Tamansari dilewatkan ke kampung-kampung,” ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Ia menambahkan dengan adanya buyer dari kalangan pemilik biro perjalanan, harapannya bisa membawa wisatawan untuk datang ke Jogja.  Berapa pun jumlah wisatanya nanti akan disiapkan sepeda sebagai fasilitas.

“Kami memiliki banyak alternatif karena mungkin ada yang keberatan dengan paket, kami ada layanan sepeda mandiri atau pinjam sepeda saja. Khusus untuk hotel kelas dua ada paket mahasiswa, pinjam sepeda sejam hanya Rp10.000 semoga tidak keberatan, tetapi bisa diakses siapa saja,” ujarnya

Dewan Penasehat Asita Association of The Indonesian Tour & Travel Agencies (Asita) DIY Edwin Ismedi Himna menambahkan legiatan bersepeda itu harapannya agar para pemilik biro perjalanan bisa mengenalkan ke calon wisatawan untuk bersepeda di kampung wisata di Kota Jogja. Sehingga tujuan wisata tidak monoton seperti yang tersedia saat ini, tetapi ada yang outdoor dengan konsep bersepeda. Setelah adanya pandemi, diperkirakan calon wisatawan akan banyak memiliki berwisata di alam terbuka dengan kegiatan ringan seperti bersepeda dengan surasi antara dua hingga tiga jam.

BACA JUGA : Pemkot Jogja Luncurkan Rute Wisata Sepeda

“Ada sekitar 100 pemilik biro perjalanan dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa tengah, Jakarta, Banten, Lampung, Sumatra Barat, Selatan, Kaltim, Kalsel, Sulsel dan Bali. Buyernya ini sebenarnya prioritas dari Jawa karena berharap akses jalan tol sering ke sini bawa bus, kalau yang dari luar Jawa berasal dari kota yang memiliki penerbangan langsung ke Jogja,”

Aktivitas itu dilakukan dengan penerapan protokol Kesehatan untuk menunjukkan bahwa Jogja siap menerima kunjungan wisatawan sesuai standar yang telah ditetapkan.

HRD Wahana Tour Malang Heni Isnaeni menilai wisatawan bersepeda menjadi terobosan baru untuk ditawarkan kepada calon wisatawan karena selama ini monoton dengan objek yang itu-itu saja. Ia meyakini wisatawan asal Malang sangat bisa menikmati pola wisata bersepeda dengan mengunjungi sejumlah perkampungan, cagar budaya dan penuh kearifan lokal Jogja.

“Sebelum pandemi kami bisa membawa wisatawan ke Jogja antara tiga sampai lima bus dalam sepekan tetapi sekarang menurun. Dengan wisata jenis ini [bersepeda] wisatawan ini nanti akan kami arahkan untuk memiliki karena cocok dengan situasi pandemi,” katanya.

BACA JUGA : Lewati Sejumlah Kampung, Ini Rute Wisata Sepeda di Jogja

Ia mengikuti rute bersepeda sekitar 12 kilometer, meski tergolong pemula dalam bersepeda namun baginya tergolong tidak memberatkan sehingga sangat cocok untuk rute wisatawan secara umum. “Menariknya ada pemberhentian tiga kali di sana bisa menikmati makanan dan view kampung di Kota Jogja, kami akan bersinergi dengan Jogja Bike,” ujarnya.