Intip 5 Destinasi Wisata Bahari Ekostis di Jogja

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Yogyakarta. - jamelatour.co.id
25 Mei 2021 10:57 WIB Janlika Putri Indah Sari Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tak hanya Bali, Jogja juga punya wisata bahari yang begitu menakjubkan, terutama pantai.

Bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra membuat kota tersebut memiliki aneka pantai eksotis yang wajib dikunjungi para pelancong.

Berikut Bisnis rangkum 5 wisata bahari menakjubkan yang ada di Yogyakarta :

1. Pantai Depok

Ini bukan Depok yang ada di perbatasan Jakarta dan Bogor. Depok ini adalah nama pantai yang berada di wilayah Kabupaten Bantul. Pantai Depok merupakan pusat wisata kuliner seafood yang berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Parangtritis.

Apabila bingung cara untuk ke sana, para pelancong dapat mengikuti jalan yang sama menuju Pantai Parangtritis dari Yogyakarta.

Bila sudah sampai di dekat papan penanda Pantai Parangtritis, wisatawan dapat berbelok ke kanan menuju Pantai Depok.

2. Pantai Glagah

Terletak di Kabupaten Kulonprogo, lebih kurang 40 kilometer dari Yogyakarta. Pantai Glagah merupakan kawasan pantai yang luas dengan hamparan keindahan laut.

Di pantai ini, wisatawan bisa menjumpai sebuah kawasan pantai yang seakan terbagi menjadi dua. Wilayah pertama
masih ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan pantai dan rerumputan.

Kawasan kedua berupa gundukan pasir yang langsung berbatasan dengan laut. Kedua kawasan itu dihubungkan dengan sebuah jalan penghubung yang terletak di dekat muara sungai.

3. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak di Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Diberi nama Pantai Sepanjang karena memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunungkidul. Pantai memiliki pasir putih masih terjaga dan ombak yang sedang. Suasana pantainya masih alami.

Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan pemandangan gubuk gubuk beratap daun kering. Karang di wilayah tersebut masih terawat.

4. Pantai Jogan

Destinasi ini terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Johan terletak di belakang perbukitan karst.

Daya pikat pantai tersebut terletak pada air terjun di bibir pantai. Air terjun di bibir pantai merupakan sesuatu yang langka di Indonesia.

Keelokan air terjun tersebut hanya bisa disaksikan saat musim penghujan. Pada musim kemarau air terjun tetap ada, namun dengan debit air terjun yang sangat kecil.

5. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Yogyakarta. Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Dasar laut pantai Nglambor bagaikan akuarium semesta yang menyimpan sejuta pesona. Pantai Nglambor memiliki panorama dasar laut yang menakjubkan dengan ragam terumbu karang dan biota laut.

Kawasan pantai juga merupakan daerah budi daya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Di kawasan pantai ini terdapat dua karang besar yang menyerupai bentuk kura-kura. Keberadaan karang ikonik tersebut membuat terumbu karang melindungi Pantai Nglambor dari hempasan ombak.

Sumber : bisnis.com